RPP Kurikulum 2013 Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Negeri 5 Kota
Jambi
Kelas/Semester : X/Genap
Mata Pelajaran : Fisika
Topik : Suhu, Kalor dan
Perpindahan Kalor
Pertemuan Ke- :
Alokasi Waktu : 4 x 3 JP (12 JP)
Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
A.
Kompetensi Dasar
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan, melaporkan , dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan.
3.7 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan
kalor pada kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis
dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah.
4.8 Merencanakan dan melaksanakan percobaan
untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan
konduktivitas kalor.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
2.1.1
Siswa dapat
menunjukkan rasa ingin tahu dalam eksperimen dan diskusi.
2.1.2
Siswa dapat
menunjukkan sikap disiplin dalam eksperimen dan diskusi.
2.2.1 Siswa
dapat berkomunikasi dengan kelompok.
2.2.2 Siswa
dapat bekerjasama dalam kelompok.
3.7.1 Menganalisis
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda.
3.7.2 Menganalisis
pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian).
3.7.3 Menganalisis
azas Black serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
4.1.1 Menyajikan hasil percobaan dalam sebuah
laporan.
4.9.1 Menentukan kalor jenis logam.
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa melakukan kegiatan membaca literatur,
percobaan, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan, dan mengomunikasikan peserta
didik diharapkan mampu:
1. Menganalisis pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu benda, pengaruh perubahan benda terhadap ukuran
benda, dan perpindahan kalor.
2.
Mendeskripsikan
Azas Black.
3.
Menghitung kalor
jenis logam melalui sebuah pecobaan.
D.
Materi Ajar
Materi Pokok: Suhu,
Kalor dan Perpindahan Kalor
1.
Suhu dan
Pemuaian
2.
Hubungan kalor
dengan suhu benda dan wujudnya
3.
Azas Black
4.
Perpindahan
kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
Fakta
·
Semua benda
memiliki suhu yang berbeda-beda.
·
Benda yang
dipanaskan akan memuai.
Konsep
·
Perubahan kalor
pada suatu benda akan menyebabkan perubahan suhu dan wujudnya.
Prinsip
·
Azas Black
Prosedur
·
Melakukan
percobaan menghitung kalor jenis logam.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran: Pendekatan
Saintifik
Model Pembelajaran: Problem Based
Learning (PBL)
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Studi Pustaka
·
Eksperimen
·
Diskusi Kelompok
·
Simulasi Video
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (Alokasi Waktu 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Situasi Kelas
·
Mengkondisikan
situasi kelas
·
Menyiapkan
media pembelajaran
·
Guru dan siswa
bedoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
·
Guru mengabsen
siswa.
|
5 menit
|
Pembukaan
|
Apersepsi
·
Guru mengajak
siswa mengingat kembali materi tentang suhu dan pemuaian yang dipelajari saat
SMP.
Motivasi
·
Guru
menjelaskan pentingnya proses perubahan suhu yang terjadi di Bumi.
Orientasi
(Tujuan dan Kegiatan)
· Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan
pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
mengamati simulasi video pemuaian rel kereta api.
Menanya
·
Siswa
mempertanyakan tentang pengaruh kalor terhadap ukuran benda.
Mengeksplorasi
·
Siswa
melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor
terhadap terhadap ukuran benda.
Mengasosiasikan
·
Siswa
menghitung pertambahan panjang, luas dan volume suatu benda.
Mengkomunikasikan
·
Siswa melakukan
diskusi kelompok mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda,
terhadap ukuran benda, dan perpindahan kalor.
·
Masing-masing
kelompok mempresentasekan hasil diskusi di depan kelas.
|
120 menit
|
Penutup
|
Umpan
Balik dan Rangkuman
·
Guru membimbing
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
Evaluasi
·
Guru bersama
siswa mengevaluasi proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
Refleksi
·
Guru bersama
siswa merefleksi hasil pembelajaran.
Tugas-Tugas
·
Menyampaikan
informasi materi pada pertemuan berikutnya.
·
Guru
memberikan tugas individu
|
5 menit
|
Pertemuan Kedua (Alokasi Waktu 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Situasi Kelas
·
Mengkondisikan
situasi kelas
·
Menyiapkan
media pembelajaran
·
Guru dan siswa
bedoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
·
Guru mengabsen
siswa.
|
5 menit
|
Pembukaan
|
Apersepsi
dan Motivasi
·
Guru mengajak
siswa mengingat kembali materi sebelumnya.
Orientasi
(Tujuan dan Kegiatan)
· Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
mengamati simulasi video pemanasan es hingga menjadi air.
Menanya
·
Siswa
mempertanyakan tentang pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda.
·
Siswa
mempertanyakan tentang azas Black
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Siswa
melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan ukuran benda.
·
Siswa
melakukan percobaan untuk menentukan kalor jenis logam.
Mengasosiasi
·
Siswa mengolah
data percobaan kalor jenis logas dengan menggunakan kalorimeter dalam bentuk
penyajian data, membuat grafik, dan menyusun kesimpulan.
Mengkomunikasikan
·
Membuat
laporan hasil eksperimen.
·
Mengkomunikasikan
hasil percobaan dalam bentuk grafik.
·
Mempresentasekan
hasil eksperimen di depan kelas.
|
120 menit
|
Penutup
|
Umpan
Balik dan Rangkuman
·
Guru
membimbing siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
Evaluasi
·
Guru bersama
siswa mengevaluasi proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
Refleksi
·
Guru bersama
siswa merefleksi hasil pembelajaran.
Tugas-Tugas
·
Menyampaikan
informasi materi pada pertemuan berikutnya.
·
Guru
memberikan tugas individu
|
5 menit
|
Pertemuan Ketiga (Alokasi Waktu 3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Situasi Kelas
·
Mengkondisikan
situasi kelas
·
Menyiapkan media
pembelajaran
·
Guru dan siswa
bedoa menurut agama dam kepercayaan masing-masing.
·
Guru mengabsen
siswa.
|
5 menit
|
Pembukaan
|
Apersepsi
dan Motivasi
·
Guru mengajak
siswa mengingat kembali materi sebelumnya.
Orientasi
(Tujuan dan Kegiatan)
· Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan
pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa
mengamati simulasi video konduktivitas logam.
Menanya
·
Siswa mempertanyakan
tentang perpindahan kalor.
Mengeksplorasi
·
Siswa
melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang perpindahan kalor
secara konduksi, konveksi dan radiasi.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
melakukan diskusi kelompok tentang perpindahan kalor secara konduksi,
konveksi dan radiasi.
·
Siswa
mempresentasikan hasil merancang dan membuat teropong sederhana secara
berkelompok.
|
120 menit
|
Penutup
|
Umpan
Balik dan Rangkuman
·
Guru
membimbing siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
Evaluasi
·
Guru bersama
siswa mengevaluasi proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
Refleksi
·
Guru bersama
siswa merefleksi hasil pembelajaran.
Tugas-Tugas
·
Menyampaikan
informasi materi pada pertemuan berikutnya.
·
Guru
memberikan tugas individu
|
5 menit
|
Pertemuan Keempat (Alokasi Waktu 4 x 45 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Persiapan
Situasi Kelas
·
Mengkondisikan
situasi kelas
·
Guru dan siswa
bedoa menurut agama dam kepercayaan masing-masing.
·
Guru mengabsen
siswa.
|
5 menit
|
|
Apersepsi
dan Motivasi
·
Guru mengajak
siswa mengingat kembali materi Alat-Alat Optik.
Orientasi
(Tujuan dan Kegiatan)
· Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
Ulangan
Harian
|
120 menit
|
Penutup
|
Evaluasi
·
Guru bersama
siswa mengevaluasi proses berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
Tugas-Tugas
·
Menyampaikan
informasi materi pada pertemuan berikutnya.
|
5 menit
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
Sumber Belajar
·
Joko Sumarsono.
2009. Fisika Kelas X
·
Karyono, Dwi
Satya Palupi & Suharyanto. 2009. Fisika Kelas X
·
Nurhayati Nufus
& A. Furqon As. 2009. Fisika Kelas X
·
Setya
Nurachmadani. 2009. Fisika Kelas X
·
Sri Handayani
& Ari Damari. 2009. Fisika Kelas X
·
Lembar Kerja Siswa
Media
·
Power Point
·
Simulasi Video
Alat/Bahan
·
Gelas beker
·
Lampu spiritus
·
Kalorimeter
·
Kubus/ Silinder logasm
·
Neraca
·
Kaki tiga + kasa
·
Termometer
·
Korek Api
H.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian Proses
·
Lembar Observasi
Penilaian Sikap
Penilaian Hasil
Belajar
·
Lembar Observasi
Pengamatan Siswa
·
Teknik: Tes
Tertulis dan Penugasan
·
Bentuk: Resume,
Uraian, Pengamatan, dan Hasil Karya
·
Instrumen: Tes
dan Nontes
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
NO
|
NAMA SISWA
|
KD....
|
KD....
|
KD....
|
||||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A = Jujur 1
= Belum Tampak (BT)
B = Teliti 2
= Mulai Tampak (MT)
C = Kerjasama 3
= Mulai Berkembang (MB)
D = Komunikatif 4
= Mulai Membudayakan (MM)
E = Tanggungjawab
LEMBAR
OBSERVASI PENGAMATAN SISWA
NO
|
NAMA
|
AFEKTIF
|
PSIKOMOTOR
|
KOGNITIF
|
PENGAMATAN
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
1.
Pedoman
Penskoran Penilaian Afektif
Kriteria
|
Skor
|
Bersikap tepat,dan alas an yang dikemukakan tepat
|
3,6 - 4,0 = A
|
Bersikap tepat,tetapi alas an yang dikemukakan kurang tepat
|
3,0 - 3,5 = B
|
Bersikap kurang tepat,dan alasan yang dikemukakan kurang tepat
|
2,0 - 2,9 = C
|
Bersikap tidak tepat dan tidak beralasan
|
1,0 - 1,9 = D
|
2. Pedoman Penskoran
Penilaian Psikomotor
Kriteria
|
Skor
|
Laporan lengkap,rapi dan dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Laporan kurang lengkap,rapi dan dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Laporan kurang lengkap,kurang rapi dan dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Laporan kurang lengkap,kurang rapi dan dikumpulkan terlambat
|
1
|
3.
Pedoman
Penskoran Penilaian Kognitif
Kriteria
|
Skor
|
Lebih dari 80% jawaban tepat
|
4
|
Lebih dari 70% jawaban tepat
|
3
|
Lebih dari 60% jawaban tepat
|
2
|
60
– 0%
jawaban tepat
|
1
|
4.
Pedoman
Penskoran Penilaian Pengamatan
Kriteria
|
Skor
|
Hasil pengamatan lengkap dan ditulis dengan rapi
|
4
|
Hasil pengamatan lengkap dan kurang rapi
|
3
|
Hasil pengamatan kurang lengkap dan rapi
|
2
|
Hasil pengamatan kurang lengkap dan kurang rapi
|
1
|
LEMBAR
KERJA SISWA BAHAN DISKUSI KELOMPOK
Nama Siswa :
Kelompok :
Kerjakanlah soal di bawah ini
berdasarkan video yang ditayangkan melalui diskusi kelompok!
1. Peristiwa
apa yang terjadi pada simulasi video di depan?
Jawab:
2. Jelaskan
mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Jawab:
Jawablah pertanyaan di bawah ini
berdasarkan hasil diskusi kelompok!
1. Jelaskan
yang anda ketahui tentang konduksi!
Jawab:
2. Jelaskan
yang anda ketahui tentang konveksi!
Jawab:
3. Jelaskan
yang anda ketahui tentang radiasi!
Jawab:
LEMBAR
KERJA SISWA BAHAN EKSPERIMEN
Nama Siswa :
Kelompok :
Judul
Eksperimen : Kalorimeter
Tujuan
Eksperimen :
1. Siswa
dapat menentukan kalor jenis logam.
2. Siswa
dapat menggunakan azas Black
Alat
dan Bahan :
1. Gelas
beker
2. Lampu
spiritus
3. Kalorimeter
4. Silinder
logasm
5. Neraca
6. Kaki
tiga + kasa
7. Termometer
8. Korek
Api
Langkah
Kerja:
1. Panaskan
air dalam gelas beker hingga mendidih.
2. Timbanglah
masing-masing kalorimeter dan silinder logam.
Massa
kalorimeter kosong (m1)
= ... gr
Massa logam (m2)
= ... gr
3. Isilah
1/3 kalorimeter itu dengan air dingin lalu timbang.
Massa
kalorimeter + air (m3) = ... gr
Massa air (m3 – m1) = ... gr
Suhu air (T1)
= ... oC
4. Setelah
air dalam gelas bekermendidiih, masukkan silinder logas yang telah diikat
dengan benang ke dalamnya beberapa menit, lalu catat suhu logam dalam air itu.
Suhu logam (Tlogam) = ... oC
5. Pindahkan
logam itu dari air mendidih ke dalam kalorimeter itu. Kemudian catat suhu
tertinggi dari kalori meter itu.
Suhu campuran (Tc) =
... oC
6. Lakukan
percobaan di atas dengan logam yang berbeda.
Data Hasil
Pengukuran:
No
|
Jenis
Logam
|
(m1)
|
(m2)
|
(m3)
|
(m3 – m1)
|
(T1)
|
(Tlogam)
|
(Tc)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan:
1. Setelah
logam dimasukkan ke dalam kalorimeter, suhu air dalam kalori meter naik,
kenaikan suhunya sebesar ... oC. Kenaikan suhu itu disebabkan oleh
...
Jawab:
2. Setelah
logam yang dimasukkan ke dalam kalorimeter, suhu logam itu turun, penurunan suhunya
sebesar ... oC. Penurunan suhu itu disebabkan oleh ...
Jawab:
3. Jika
dianggap tidak ada kalor yang terbuang dan kalorimeter tidak menyerap kalor,
maka logam itu menyerap kalor sebanyak ...
Jawab:
4. Berapakah
kalor jenis masing-masing logam berdasarkan eksperimen? Bandingkan dengan kalor
jenis masing-masing logam menurut teori!
Jawab:
5. Hasil
percobaan mungkin berbeda dengan teori. Tuliskan faktor-faktor yang menyebabkan
perbedaan itu!
Jawab:
TES
TERTULIS
Nama Siswa :
Kelompok :
Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan baik dan
benar!
1. Dua
batang besi yang sama jenisnya diketahui masing-masing dengan panjang 4 m dan 6
m pada suhu 20oC. Jika batang I dipanaskan sampai 50oC
panjangnya menjadi 4,15 m, berapa panjang baang II yang dipanaskan sampai suhu
60oC?
Jawab:
2. Logam
A yang panjangnya 1 m pada suhu 0oC dipanaskan sampai 100oC,
sehingga panjangnya menjadi 1,0005 m. Logas B yang mempunyai koefisien muai
panjang dua kali koefisien muai panjang A, panjangnya pada suhu 0oC
adalah 2 m. Berapakah panjang logam B jika dipanaskan sampai suhu 80oC?
Jawab:
3. Pelat
besi bersuhu 20oC mempunyai ukuran 50 cm x 20 cm. Jika pelat besi
dipanaskan sampai suhu 120oC, hitunglah pertambahan luas dan luasnya
setelah dipanaskan. (Koefisien muai panjang besi = 12 x 10-6 C-1)
Jawab:
4. Suatu
gas yang volumenya 2 L dengan suhu 27oC, perlahan-lahan dipanaskan
dengan tekanan tetap sehingga volumenya menjadi 4 L. Berapa oC suhu
gas sebelum dipanaskan?
Jawab:
5. Pada
suhu 20oC, volume tabung kaca sebesar 200 cm3. Tabung itu
diisi penuh dengan raksa. Berapa cm3 raksa yang tumpah jika
dipanaskan sampai suhu 120oC? Dimana koefisien muai panjang kaca = 3
x 10-6 C-1 dan koefisien muai ruang raksa = 54 x 10-5
C-1.
Jawab:
Komentar
Posting Komentar