Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Gelombang
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika
OLEH:
Amalla
Rizki Putri
NIM.
A1C311011
DOSEN:
Drs.
M. Hidayat, M.Pd
Rendi
W, S.Pd, M.Pd
Program
Studi Pendidikan Fisika
Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Jambi
2012
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMA
Kelas/ Semester : XII (Dua belas)/ Semester I
Mata Pelajaran : Fisika
Alokasi Waktu : 8 jam
Standar
Kompetensi:
Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam
menyelesaikan masalah.
Kompetensi
Dasar:
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang
secara umum.
Indikator:
1. Mengidentifikasi
karekteristik gelombang transversal dan longitudinal.
2. Mengidentifikasi
karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik.
3. Menyelidiki
sifat-sifat gelombang serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengidentifikasi
persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Setelah didemonstrasikan, siswa mampu
mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dengan benar.
2.
Setelah didemonstrasikan, siswa mampu
mengidentifikasi karakteristik gelombang longitudinal dengan benar.
3.
Setelah diberi penjelasan, siswa mampu
menyebutkan karakteristik gelombang mekanik dengan tepat.
4.
Setelah diberi penjelasan, siswa mampu
menyebutkan karakteristik gelombang elektromagnetik dengan tepat.
5. Setelah
diberi gambaran sebuah gelomabg, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat gelombang
dengan benar.
Materi
Pembelajaran:
Gejala dan ciri-ciri gelombang
Model
pembelajaran:
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
Langkah-langkah
Pembelajaran:
a. Kegiatan
Awal
Motivasi
dan Apersepsi:
1. Apa
yang menyebabkan terjadinya tsunami di Aceh pada tahun 2004?
2. Mengapa
terjadi hal demikian?
3. Apa
itu gelombang?
b. Kegiatan
Inti
1. Guru
mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal.
2. Peserta
didik mengamati dengan seksama.
3. Guru
bertanya kepada peserta didik untuk memastikan apakah peserta didik telah
mengerti tentang materi gelombang transversal dan longitudinal.
4. Peserta
didik menjawab pertanyaan guru dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu.
5. Guru
menjelaskan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
6. Siswa
mendengarkan dengan seksama.
7. Guru
memberikan tugas yang berkenaan dengan perbedaan gelombang mekanik dan
gelombang elektromagnetik.
8. Peserta
didik membedakan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
9. Pembagian
kelompok diskusi yang dipimpin oleh guru.
10. Guru
menunjukkan sebuah gelombang.
11. Peserta
didik berdiskusi untuk menentukan sifat-sifat umum gelombang.
12. Perwakilan
kelompok menyebutkan hasil diskusi masing-masing kelompok.
13. Peserta
didik dituntun oleh guru bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi.
c. Kegiatan Penutup
Guru menyimpulkan dan mengingatkan kembali apa yang
dipelajari hari ini.
Sumber,
Bahan, dan Alat Belajar:
1. Sumber:
buku Fisika yang relevan
2. Bahan:
bahan presentasi dan hasil kerja siswa
3. Alat:
media presentasi
Penilaian:
1. Penilaian
kinerja
2. Penilaian
hasil diskusi
Komentar
Posting Komentar