Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Gelombang


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




Diajukan untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika


OLEH:

Amalla Rizki Putri

NIM. A1C311011


DOSEN:

Drs. M. Hidayat, M.Pd

Rendi W, S.Pd, M.Pd


Program Studi Pendidikan Fisika

Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Jambi

2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)


Sekolah                       : SMA

Kelas/ Semester           : XII (Dua belas)/ Semester I

Mata Pelajaran            : Fisika

Alokasi Waktu            : 8 jam



Standar Kompetensi:

Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.


Kompetensi Dasar:

Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.


Indikator:

1.      Mengidentifikasi karekteristik gelombang transversal dan longitudinal.

2.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik.

3.      Menyelidiki sifat-sifat gelombang serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4.      Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner.


Tujuan Pembelajaran:

1.      Setelah didemonstrasikan, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dengan benar.

2.      Setelah didemonstrasikan, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik gelombang longitudinal dengan benar.

3.      Setelah diberi penjelasan, siswa mampu menyebutkan karakteristik gelombang mekanik dengan tepat.

4.      Setelah diberi penjelasan, siswa mampu menyebutkan karakteristik gelombang elektromagnetik dengan tepat.

5.      Setelah diberi gambaran sebuah gelomabg, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat gelombang dengan benar.


Materi Pembelajaran:

Gejala dan ciri-ciri gelombang


Model pembelajaran:

1.      Ceramah

2.      Diskusi

3.      Penugasan


Langkah-langkah Pembelajaran:

a.       Kegiatan Awal

Motivasi dan Apersepsi:

1.      Apa yang menyebabkan terjadinya tsunami di Aceh pada tahun 2004?

2.      Mengapa terjadi hal demikian?

3.      Apa itu gelombang?

b.      Kegiatan Inti

1.      Guru mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal.

2.      Peserta didik mengamati dengan seksama.

3.      Guru bertanya kepada peserta didik untuk memastikan apakah peserta didik telah mengerti tentang materi gelombang transversal dan longitudinal.

4.      Peserta didik menjawab pertanyaan guru dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu.

5.      Guru menjelaskan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

6.      Siswa mendengarkan dengan seksama.

7.      Guru memberikan tugas yang berkenaan dengan perbedaan gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

8.      Peserta didik membedakan karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

9.      Pembagian kelompok diskusi yang dipimpin oleh guru.

10.  Guru menunjukkan sebuah gelombang.

11.  Peserta didik berdiskusi untuk menentukan sifat-sifat umum gelombang.

12.  Perwakilan kelompok menyebutkan hasil diskusi masing-masing kelompok.

13.  Peserta didik dituntun oleh guru bersama-sama menyimpulkan hasil diskusi.

c.       Kegiatan  Penutup

Guru menyimpulkan dan mengingatkan kembali apa yang dipelajari hari ini.


Sumber, Bahan, dan Alat Belajar:

1.      Sumber: buku Fisika yang relevan

2.      Bahan: bahan presentasi dan hasil kerja siswa

3.      Alat: media presentasi


Penilaian:

1.      Penilaian kinerja

2.      Penilaian hasil diskusi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landasan Teori Perubahan Wujud Zat

Contoh Proposal Pengadaan Barang

RPP Kurikulum 2013 Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor