Contoh Proposal Pengadaan Barang


L E M B A R  P E N G E S A H A N

Jambi, 9 Januari 2013
Kepala Biro Rumah Tangga Badan Eksekutif Mahasiswa
Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi



Amalla Rizki Putri
NIM. A1C311011



Menyetujui,
Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa
Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi



Wasril Tanjung
NIM. A1C309026



KATA PENGANTAR


ﺒﺴﻡﷲﺍﻠﺮﺤﻤﻦﺍﻠﺮﺤﻴﻡ
Puji syukur Alhamdulillah saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT. karena berkat rahmat, hidayah dan karunia-NYA saya dapat menyelesaikan proposal Pengadaan Barang ini. Proposal ini berisi tentang pengajuan pengadaan barang untuk secara khusus digunakan para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi.
Pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sdr. Wasril Tanjung selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi yang telah bersedia memeberikan waktunya, perhatiannya, serta bimbingannya dalam penyelesaian proposal ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya hingga proposal  ini dapat diselesaikan.
Saya menyadari proposal ini masih banyak kekurangan, karena terbatasnya ilmu yang  dimiliki, untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk lebih menyempurnakan proposal saya dimasa yang akan datang. Akhirnya, saya berharap semoga Proposal Pengadaan Barang ini dapat memberikan sumbangsih serta manfaat bagi kita semua.
Jambi, 9 Januari 2013
Kepala Biro Rumah Tangga
 
 

DASAR PEMIKIRAN

Universitas merupakan suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Universitas dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademik, institut, politeknik, dan sekolah tinggi. Universitas terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
Universitas Jambi merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi-generasi bangsa yang berkualitas dan bertanggung jawab dalam pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, dan negara. Pengembangan kreatifitas tidak hanya melalui akademik, tetapi juga dapat melalui organisasi-organisasi yang membangun Universitas Jambi.
Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi merupakan organisasi terbesar yang berada di Universitas Jambi yang turut berperan aktif dalam membangun Universitas Jambi secara keseluruhan melalui kreatifitas para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi. Besarnya kreatifitas para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi dipengaruhi oleh majunya teknologi yang mendukung. Kepala Biro Rumah Tangga Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi, turut bertanggungjawab bersama Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi dalam melengkapi teknologi dan perlengkapan yang dibutuhkan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi dalam meningkatkan potensi dan kreatifitas para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi agar tercapainya tujuan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi dalam memajukan Universitas Jambi.



PROFIL ORGANISASI

1.      Visi Orgnanisasi
Visi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi adalah menjadikan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi sebagai roda pergerakan transformasi kampus dan menstimulasi terbentuknya mahasisswa Universitas Jambi berkarakter CENDEKIA (cerdas, edukatif, nasionalis, demokratis, empatik, kreatif, inspiratif, dan amanah).
2.      Misi Organisasi
Misi Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi, diantaranya:
1.      Menjalin hubungan baik dengan civitas akademika Universitas Jambi.
2.      Menanggapi aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa Universitas Jambi.
3.      Mengadakan event yang berbasis peningkatan softskill mahasiswa Universitas Jambi.
4.      Mengoptimalkan peran mahasiswa sebagai agent of change dan social control.
5.      Membantu pihak Universitas dan Pemerintah Daerah dengan merekomendasikan ide-ide dan gagasan-gagasan dalam rangka memajukan kampus dan daerah.
6.      Menjadikan BEM KBM UNJA sebagai wadah penyatuan dan perkumpulan keluarga besar mahasiswa Unversitas Jambi.

  
POTENSI PROGRAM PENGADAAN BARANG

1.      Potensi dan Kelemahan Internal
Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi terdiri dari 145 pengurus yang dipimpin oleh presiden dan wakil presiden. Jumlah kepengurusan sebanyak ini termasuk potensi yang dapat dibanggakan karena tingginya kemauan mahasiswa Universitas Jambi untuk bersama-sama memajukan Universitas Jambi melaui Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi. Akan tetapi, banyaknya pengurus akan mempengaruhi kesolidan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi karena makin banyak pengurus makan makin banyak pula perilaku yang beragam dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi sehingga kesolidan antarpengurus akan lebih sulit diwujudkan.
2.      Potensi dan Tantangan Eksternal
Universitas Jambi merupakan Universitas Negeri terbesar di Provinsi Jambi, sehingga Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi juga dipandang sebagai organisasi yang patut dicontoh oleh organisasi lain. Akan tetapi, kurangnya kesolidan para pengurus akan berdampak terpecahnya Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi sehingga pandangan sebagai organisasi yang patut dicontoh akan memudar bahkan menghilang.
3.      Pemecahan Masalah
Permasalahan di atas, timbul karena kurangnya kesolidan antarpara pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi. Oleh sebab itu, sudah menjadi tugas Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi untuk menjalin tali persaudaraan antarpara pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi, melalui kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membangun kesolidan dan menjalin tali persaudaraan para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi.



PROGRAM PENGADAAN BARANG

1.      Pembuatan bendera kabinet
Bendera kabinet merupakan simbol dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi saat di luar kampus, oleh karena itu bendera kabinet menjadi kebutuhan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas.
2.      Pengadaan kotak suara mahasiswa
Sulitnya penyampaian inspirasi dan aspirasi kepada pihak Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi tentang Universitas Jambi, maka dibutuhkan Kotak Suara Mahasiswa sebagai media penyampaian inspirasi dan aspirasi kepada pihak terkait.
3.      Pengadaan mading
Pentingnya penyampaian informasi umum kepada para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi maka sangat dibutuhkan mading sebagai media penyampaian informasi tersebut.
4.     Pengadaan infokus
Teknologi berkembang sesuai dengan zaman dimana tidak jarang melaksanakan rapat dengan bantuan media untuk memudahkan penjelasan, sehingga infokus menjadi kebutuhan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi mengingat pentingnya penyampaian penjelasan yang mendalam kepada peserta rapat.
5.      Pengadaan toa
Keterbatasan kemampuan sangatlah mempengaruhi kesolidan para pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi. Kurang kerasnya suara seorang pemimpin akan membuat para bawahan menjadi acuh tak acuh, sehingga tidak bisa dipungkiri toa menjadi kebutuhan pokok Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Jambi.
6.      Pengadaan sound Wirelless
Wirelless merupakan kebutuhan utama BEM KBM UNJA pada saat pelaksanaan acara sedangkan BEM KBM UNJA tidak memiliki Wirelless.
7.      Pengadaan Air Conditioner
Perubahan udara yang tak tentu terjadinya, menyebabkan dibutuhkannya AC di sekretariat. Selain itu, penyebab lainnya karena AC lebih modern daripada kipas angin.
8.      Pengadaan Buku-buku bacaan
Kurangnya pengetahuan menumbuhkan sebuah inspirasi pengadaan buku-buku yang dapat menumbuhkan motivasi para pengurus BEM KBM UNJA.
9.      Pembelian antena
Antena merupakan kebutuhan utama bagi pengurus untuk mengetahui dunia luar sedangkan antena yang dimiliki saat ini sudah tidak layak dipakai lagi.
10.  Pembelian bantal
Bantal merupakan kebutuhan utama bagi pengurus yang setiap malamnya menjaga sekretariat agar tetap aman dari gangguan manapun sedangkan bantal yang dimiliki saat ini sudah tidak layak dipakai lagi.
11.  Pengadaan dispenser
Dispenser merupakan kebutuhan utama bagi pengurus karena merupakan penunjang kebutuhan pokok manusia sedangkan dispenser yang dimiliki saat ini sudah tidak layak dipakai lagi.
12.  Pembelian kasur
Kasur merupakan kebutuhan utama bagi pengurus yang setiap malamnya menjaga sekretariat agar tetap aman dari gangguan manapun sedangkan kasur yang dimiliki saat ini sudah tidak layak dipakai lagi.
13.  Pengadaan 1 set komputer
Komputer merupakan kebutuhan utama bagi pengurus khususnya bagian administrasi sedangkan komputer yang dimiliki saat ini sudah rusak dan tidakdapat digunakan lagi.
14.  Penambahan bola lampu
Pencahayaan di sekretariatan saat ini terbilang belum memadai karena kurangnya sumber cahaya yang memai oleh sebab itu sangat dibutuhkan penambahan bola lampu untuk kelancarannya.
15.  Penambahan perkakas
Perkakas merupakan alat bantu persiapan acara yang dilaksanakan BEM KBM UNJA setiap tahunnya, karena kurang lengkapnya perkakas yang dimiliki sangat berpengaruh terhadap kelancaran acara yang dilaksanakan BEM KBM UNJA.
16.  Pengadaan printer
Printer merupakan kebutuhan utama bagi pengurus khususnya bagian administrasi dan kestari pada acara-acara yang dilaksanakan BEM KBM UNJA sedangkan printer yang dimiliki saat ini banyak yang rusak dan harus diganti.
17.  Pembelian Rak Sepatu
Demi keindangan dan kerapian sekre, rak sepatu yang akan rusak harus diganti.
18.  Penambahan terminal listrik
Kurangnya terminal listrik sangat berpengaruh pada internal BEM KBM UNJA terutama pada saat pengadaan acara yang membutuhkan banyak terminal listrik.
19.  Pembelian tong sampah
Tong sampah merupkan sarana bantu kebersihan sedangkan tong sampah yang dimiliki saat ini perlu diganti dan ditambah.


PENDANAAN

NO
NAMA BARANG
KWANTITAS
 ESTIMASI DANA
1
Bendera Kabinet
3 buah
1,5 x 1 m
 Rp                     150.000
2
Kotak Suara Mahasiswa
2 buah
40 x 30 cm
 Rp                     100.000
3
Mading
1 buah
2 x 1,5 m
 Rp                     500.000
4
Infokus
1 buah

 Rp                  5.000.000
5
Toa
1 buah

 Rp                     500.000
6
Sound Wirelless
1 buah

 Rp                  1.000.000
7
Air Conditioner
1 set

 Rp                  5.000.000
8
Buku-Buku Bacaan
10 buku

 Rp                  1.000.000
9
Antena
1 set

 Rp                  1.000.000
10
Bantal
2 buah

 Rp                     160.000
11
Dispender
1 buah

 Rp                     200.000
12
Kasur
1 buah

 Rp                     150.000
13
Komputer
1 set

 Rp                  4.000.000
14
Bola Lampu
3 buah

 Rp                     250.000
15
Perkakas
1 set

 Rp                     150.000
16
Printer
2 buah

 Rp                  2.500.000
17
Rak Sepatu
1 buah

 Rp                     100.000
18
Terminal Listrik
3 buah

 Rp                     200.000
19
Tong Sampah
2 buah

 Rp                       60.000
TOTAL
 Rp         22.020.000


Total dana yang dibutuhkan Rp 22.020.000,- (Dua Puluh Dua Juta Dua Puluh Ribu Rupiah)


PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan kondisi lapangan, serta mudah-mudahan upaya pengadaan ini dapat mendukung kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluaga Besar Mahasiswa Universitas Jambi dalam memajukan Universitas Jambi. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Jambi, 9 Januari 2013
Kepala Biro Rumah Tangga
Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa
Universitas Jambi


Amalla Rizki Putri
NIM. A1C311011

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landasan Teori Perubahan Wujud Zat

RPP Kurikulum 2013 Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor